Lucas Silva yang terpaksa pensiun dini karena kelainan Jantung

Bikin Kaget! Ternyata Pemain Sepakbola Ini Sakit Parah

Sehat secara fisik maupun mental merupakan syarat mutlak untuk seseorang bisa menjadi pemain sepakbola profesional. Tingginya intensitas dalam permainan sepakbola menuntut pemain harus memiliki fisik yang prima. Selain itu, panasnya atmosfer kompetisi juga menuntut pemain harus memiliki kesehatan mental yang kuat. Intinya, seorang pesepakbola profesional sangat dekat dengan kesan sehat.

Mario Gotze sempat divonis menderita Myopathy
Mario Gotze sempat divonis menderita Myopathy

Karena itulah sebelum seorang pemain bergabung ke sebuah klub, mereka semua harus melewati serangkaian tes medis. Meski begitu, tetap saja ada beberapa jenis penyakit yang lolos dari pantauan tes medis. Biasanya penyakit tersebut baru terlihat gejalanya ketika seorang pemain telah resmi bergabung dengan klub yang mereka bela tersebut.

Ada banyak macam penyakit yang terlambat diketahui tim kesehatan klub, diantaranya yaitu jantung, kanker, tumor dan masih banyak lagi. Namun kasus yang paling banyak ditemui pada pemain sepakbola profesional yaitu penyakit jantung. Seperti yang dialami sejumlah pemain sepakbola dunia khususnya yang bermain di liga top eropa. Di Liga Inggris misalnya, ada beberapa yang divonis menderita penyakit kronis.

Selain di kompetisi Liga Premier Inggris, ternyata ada juga kompetisi di negara lain yang ternyata pemainnya divonis mengalami sakit kronis. Sebut saja kompetisi seperti Liga Italia, Liga Spanyol bahkan Liga Jerman danLiga Perancis sekalipun. Berikut adalah artikel lengkap tentang deretan pemain sepakbola dunia yang menderita sakit kronis.

Kasihan! Pemain Ini Kehilangan Karir Sepakbolanya Karena Penyakit

Menjadi seorang pemain sepakbola kelas dunia memang harapan setiap orang khususnya kaum pria. Keahlian mengolah bola di lapangan hijau serta popularitas dan penghasilan fantastis, siapa yang tidak menginginkannya. Akan tetapi, ternyata bagi yang sudah berkarir di sepakbola pun masih bisa kehilangan karir mereka. Jadi tidak ada jaminan bahwa jika karir seseorang akan aman bahkan setelah menjadi pemain profesional. Berikut adalah contoh pemain yang terpaksa kehilangan karirnya sebagai pemain sepakbola karena penyakit kronis:

Lucas Silva yang terpaksa pensiun dini karena kelainan Jantung
Lucas Silva yang terpaksa pensiun dini karena kelainan Jantung
  • Eric Abidal
    Bek asal Perancis ini sempat divonis menderita tumor di organ hati nya. Sempat vakum untuk menjalani proses penyembuhan, Abidal akhirnya berhasil menjalani operasi transplantasi hati pada bulan Maret 2011 silam.
  • Lucas Silva
    Tidak banyak yang mengetahui pemain Real Madrid yang satu ini. Baru setengah musim di Santiago Bernabeu, penyakit kelainan jantung Silva baru ketahuan ketika dirinya menjalani tes medis jelang transfer pinjamannya ke Sporting Lisbon.
  • Mario Gotze
    Menjadi pahlawan jerman pada Final Piala Dunia 2014, pemain berpostur mungil ini harus menerima kenyataan bahwa dirinya menderita penyakit Myopathy pada Februari 2017. Beruntung setelah menjalani proses terapi, kini Gotze siap kembali berlaga bersama Borussia Dortmund di Bundesliga musim 2017/2018.
  • Aaron Lennon
    Yang ini adalah kasus pemain yang paling menyayat hati. Sudah lama merasakan asam-manis berlaga di Liga Premier Inggris, Lennon divonis menderita gangguan mental. Krisis yang menderita Lennon karena tergusur dari skuad utama Everton membuat sang pemain mengidap depresi dan harus mendapat perawatan di Rumah Sakit Jiwa.

Waspada Ancaman Penyakit Pemain Sepakbola Pasca Pensiun !

Osteoarthritis yang mengancam kesehatan pensiunan pesepakbola
Osteoarthritis yang mengancam kesehatan pensiunan pesepakbola

Menjalani karir sebagai pemain sepakbola, tentu seseorang tidak memiliki waktu yang cukup panjang. Sebab industri sepakbola hanya membutuhkan pemain dalam rentang usia 18-35 tahun saja. Ini disebabkan karena pemain berusia di atas 35 tahun tidak lagi memiliki kondisi fisik yang terjamin. Sepakbola merupakan olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi dan mengandalkan kekuatan fisik para pemainnya.

Hal ini membuat pemain yang telah pensiun terkadang menjadi sakit-sakitan, sebab mereka terbiasa melakukan aktivitas tinggi saat masih aktif sebagai pemain profesional. Akan tetapi, ketergantungan akan aktivitas fisik ini tidak bisa mereka penuhi karena kondisi fisik mereka tidak lagi memungkinkan utuk melakukannya.

Adalah Osteoarthritis, jenis penyakit yang biasanya menyerang persendian lutut. Sebenarnya penyakit ini bisa menyerang siapa saja, akan tetapi jejak karir mereka sebagai atlet membuat resiko terkena penyakit Osteoarthritis ini menjadi lebih tinggi. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian berjudul ‘Knee and Ankle Osteoarthritis in Former Elite Soccer Players’ yang diadakan pada tahun 2002-2012 silam.

Frank Lampard yang selalu makan dengan porsi dan nutrisi yang seimbang

Wow! Ini Dia Menu Makan Seorang Pemain Bola

Sepakbola merupakan salah satu jenis olahraga yang menuntut fisik berada dalam kondisi prima. Sebab dalam sepakbola berlari, melompat, berjalan hingga menendang membutuhkan kekuatan otot yang cukup besar. Gerakan-gerakan dalam pertandingan sepakbola tersebut sangat ditentukan oleh kondisi fisik seorang pemain yang sangat prima. Kondisi fisik yang prima sangat ditentukan oleh pola makan dan latihan yang teratur.

Pemain sepakbola harus menjalankan pola makan sehat
Pemain sepakbola harus menjalankan pola makan sehat

Dalam melakukan gerakan-gerakan yang ada dalam sepakbola, selain kondisi fisik yang prima, bentuk tubuh ideal sangat disarankan. Ini karena dalam gerakan-gerakan tertentu seperti sprint hingga melompat akan lebih mudah dilakukan dengan tubuh yang ideal. Untuk menjaga tubuh mereka agar tetap dalam bentuk ideal, menjalankan pola makan sehat sangat dibutuhkan oleh pemain sepakbola. Tidak hanya menjaga bahan makanannya saja, namun juga mengatur waktu serta porsi makanan.

Asupan nutrisi untuk para pemainn sepakbola sangat dijaga ketat oleh pusat pelatihan klub bahkan tim nasional. Biasanya tim telah menyediakan makanan sehari-hari para pemain yang dimasak langsung oleh tim koki klub. Meskipun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga pemain sebagai aset tim. Tidak hanya sekadar menyiapkan, bahkan jadwal makan para pemain pun diatur sedemikian rupa.

Inilah Alasan Mengapa Porsi Makanan Pemain Bola Banyak

Sebagai orang yang menjadikan bermain sepakbola sebagai mata pencaharian utama, mengeluarkan tenaga lebih merupakan resiko yang harus diterima. Jika seseorang non-atlet pada umumnya membutuhkan 2000kkal untuk hidup, maka bagi atlet terlebih pemain sepakbola tentu membutuhkan lebih dari itu. Pemain sepakbola akan mengeluarkan energi sekitar 4500kkal atau dua kali lipat dibandingkan dengan orang biasa yang notabene non-atlet.

Frank Lampard yang selalu makan dengan porsi dan nutrisi yang seimbang
Frank Lampard yang selalu makan dengan porsi dan nutrisi yang seimbang

Dengan fakta seperti itu, maka tidak heran jika kita melihat seorang pemain sepakbola makan dengan porsi dua kali lebih banyak dari orang biasa. Dengan kebutuhan kalori yang besar tersebut maka seorang pemain sepakbola jadi bisa memenuhi kebutuhan energi mereka. Namun apakah harus dengan makan dalam porsi banyak untuk bisa memenuhi kebutuhan kalori? Ternyata tidak juga. Karena semua itu akan percuma jika asupan nutrisinya tidak terpenuhi.

Makanan dengan porsi besar ternyata tidak selalu efektif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sebab tidak semua nutrisi terdapat dalam makanan. Sebut saja sepiring makanan dalam porsi besar yang hanya terdiri dari nasi dan daging, tidak akan bisa mengalahkan kelengkapan nutrisi dalam seporsi sedang makanan yang lengkap terdiri dari nasi, daging, sayur, buah dan susu. Maka jangan heran jika kita sering melihat sesorang terlihat kurang gizi meskipun porsi makannya besar.

Proporsi Seimbang Untuk Kebutuhan Nutrisi Pemain Bola

Proporsi makanan yang seimbang sangat penting pemain sepakbola
Proporsi makanan yang seimbang sangat penting pemain sepakbola

Setiap orang mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda untuk tubuh mereka masing-masing. Seperti misanya kebutuhan anda yang seorang pekerja kantoran tentu akan berbeda dengan kebutuhan nutrisi Lionel Messi. Ini dikarenakan kegiatan sehari-hari yang anda jalani juga berbeda dengan Messi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berapa jumlah kebutuhan nutrisi yang kita perlukan untuk tubuh kita. Dengan begitu maka kondisi fisik kita akan senantiasa berada dalam kondisi prima.

Selain jumlah kebutuhan nutrisi, mengetahui proporsi nutrisi yang tepat juga dibutuhkan oleh seorang pemain sepakbola. Seorang pemain sepakbola paling tidak membutuhkan asupan makanan yang mengandung jumlah kalori sekitar 4500kkal dengan proporsi 60 – 70% karbohidrat, 10 – 15 % protein, 20%- 25 % lemak, serta cukup vitamin, mineral dan air. Dengan proporsi yang tepat, maka pemenuhan kebutuhan nutrisi pun akan menjadi semakin optimal.

David Luiz

David Luiz Berharap Raih Trofi Liga Primer Inggris

Bek andalan Chelsea di lini pertahanan David Luiz mengakui bahwa dirinya berharap mampu mengangkat trofi Liga Primer Inggris. Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah obsesinya selama ini.

David Luiz
David Luiz terobsesi raih gelar juara Liga Primer Inggris

Pemain Internasional Brasil itu belum pernah merasakan trofi Liga Primer Inggris bersama The Blues. Luiz sudah berseragaman Chlesea sejak musim 2011 lalu dan memutuskan untuk pergi ke Paris Saint Germain di tahun 2014. Semasa itu, dirinya belum pernah mengangkat gelar. Namun, di musim lalu, Ia memutuskan untuk kembali membela The Pensioners. Dan di periode keduanya ini, Luiz berkesempatan untuk memenuhi obsesinya.

Hingga pekan ke 35, Chelsea dibawah arahan Antonio Conte masih bertahan di posisi teratas tangga klasemen EPL. Berjarak empat angka dari Tottenham Hotspur yang duduk di peringkat kedua. Namun, The Blues masih mengantongi satu laga tabungan, yakni melawan Watford yang merupakan pertandingan pekan 28.

Dalam wawancara dengan salah satu media sepakbola ternama, Luiz yang sukses mengangkat trofi Liga Europa dan Liga Champions bersama klub asal London itu menyatakan. “Sebelumnya, saya sukses mengangkat sejumlah gelar bersama Chelsea. Dan saya bermain di masa yang indah dalam sejarah klub. Terlebih, saya memiliki banyak teman disini,”

“Kepergiaan saya di tahun 2014 lalu, adalah hal yang tidak saya sesali. Lantaran, saya merasa bahwa waktu itu adalah hal yang sangat tepat. Akan tetapi, segala sesuatunya di dunia sepakbola cepat berubah. Memenangkan Liga Primer Inggris telah menjadi obsesi saya. Liga ini adalah salah satu kompetisi klub paling sulit di dunia. Dan kami berusaha keras untuk mengapai impian tersebut,” ujar Luiz.

Antonio Conte Ungkap Bahwa Cedera David Luiz Tidak Parah

Pelatih Chelsea Antonio Conte mengungkapkan bahwa cedera yang dialami oleh bek andalannya David Luiz tidak terlalu serius. Akan tetapi, Ia telah menyiapkan Nathan Ake sebagai pengganti sang bek Internasional Brasil itu, apabila pada laga selanjutnya masih diragukan untuk tampil.

David Luiz
Antonio Conte ungkap bahwa cedera yang dialami David Luiz tidak serius

Seperti diketahui bahwah Luiz harus ditarik keluar dan digantikan perannya oleh Ake di menit-menit akhir. Ketika Chelsea bertandang ke Goodison Park, markas Everton. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan skor 0-3 untuk keunggulan The Blues.

Apabila Luiz akan absen di lima pertandingan terakhir musim ini, Conte dengan percaya diri menyatakan bahwa Ake dapat menjadi pelapis yang sebanding.

“Saya belum berbicara dengan pihak dokter mengenai cedera yang dialami oleh David Luiz. Namun saya menilai bahwa cedera yang dialaminya tidak terlalu serius,”

“Tentu saya berharap, bahwa Luiz dapat bermain di laga berikutnya. Dan di periode sekarang ini, merupakan hal yang penting untuk mencoba bermain sekuat tenaga. Meskipun Anda tidak dalam kondisi 100 persen,”

“Ake sendiri pada musim ini mampu menampilkan kualitas terbaiknya. Terbukti pada laga melawan Everton, kehadiran dirinya mampu berdampak di tim. Dan saat ini, Ia menunjukkan komitmen yang hebat,” ungkap pelatih asal Italia.

Chelsea Pagari Thibaut Courtois

Chelsea nampaknya telah mengetahui ketertarikan Real Madrid dengan kiper utamanya Thibaut Courtois. Dan pihak management klub langsung mengambil sebuah langka yang cepat demi mengamankan jasa mantan penjaga gawang Atletico Madrid itu.

Thibaut Courtois
Pihak management Chelsea segera menyodorkan kontrak baru untuk Thibaut Courtois

Salah satu media ternama menginformasikan bahwa The Blues akan segera menawarkan kontrak baru dengan kenaikan gaji yang tinggi, demi membuat kiper yang masih berusia 24 tahun itu tidak tergoda untuk meninggalkan Stamford Bridge.

Sejauh ini, penjaga gawang Internasional Belgia itu sudah membukukan sebanyak 62 penyelamatan dan membawa Chelsea ke posisi ketiga dalam statistik pertahanan terbaik. Dibelakang Tottenham Hotspur dan Manchester United.

Paul Pogba

Paul Pogba Absen di Laga Derby Manchester

Gelandang anyar sekaligus merupakan pemain termahal di dunia saat ini, Paul Pogba dipastikan akan melewatkan laga bertajuk Derby Manchester. Kepastian tersebut diungkapkan langsung oleh pelatih Manchester United Jose Mourinho.Setan Merah akan bertandang ke Etihad Stadium, markas Manchester City dalam lanjutan Liga Primer Inggris pada hari Jumat dinihari nanti.

Paul Pogba
Paul Pogba dipastikan akan melewati laga Derby Manchester akibat cedera

Pogba terpaksa ditarik keluar di penghujung laga kala The Reds Devil meraih kemenangan 2-0 atas Burnley di Old Trafford hari Minggu lalu. Setelah pertandingan berakhir, The Special One (julukan Mourinho) mengungkapkan bahwa gelandang Prancis tersebut dalam tanda kutip hancur. Pasalnya, pemain berusia 24 tahun itu telah melakoni 47 laga sepanjang musim ini.

Sehingga, Mourinho dalam konferensi pers menjelang laga melawan The Citizens menyatakan bahwa Pogba tidak akan tersedia dalam line up. Saat melakoni laga tandang melawan City hari Jumat dinihari nanti.

Pelatih berkebangsaan Portugal tersebut juga mengabarkan, Antonio Valencia telah kembali pulih dan seratus persen dalam keadaan fit. Dengan demikian, bek andalan di sisi kanan pertahanan itu akan melakukan comeback. Setelah harus absen sejak United meraih kemenangan di Turf Moor.

Sedangkan, kabar terbaru tentang Ander Herrera, ia masih harus mendapatkan perawatan terkait masalah engkel. Kemungkinan, gelandang asal Spanyol baru akan tersedia di laga tengah pekan mendatang.

Cedera yang dialami Pogba tentu menambah daftar pemain yang harus absen membela Manchester United dalam menjalani sisa pertandingan di musim ini. Sebelumnya, Zlatan Ibrahimovic, Juan Mata Marcos Rojo dan yang belum tersedia. Selain itu, Phil Jones dan Chris Smalling juga masih menepi.

“Kami akan pergi dengan skuat yang tersedia. Dan tentu kami akan berjuang dengan apa yang saat ini kami miliki. Saya optimis dan percaya, bahwa para pemain akan berjuang hingga akhir musim nanti,” ungkap Mourinho.

Paul Pogba Kapten Masa Depan Manchester United

Legenda Manchester United Bryan Robson memiliki pendapat bahwa Paul Pogba memiliki atribut guna menjabat kapten tim The Reds Devil di masa yang akan datang.

Bryan Robson
Bryan Robson nilai bahwa Paul Pogba layak menjadi kapten Manchester United di masa depan

Sejauh ini, gelandang Internasional Prancis tersebut belum menemukan permainan terbaiknya bersama Setan Merah di kompetisi Liga Primer Inggris. Setelah dirinya mampu memecahkan rekor transfer termahal dengan mahar €89 juta dari Juventus pada bursa transfer musim panas lalu.

“Mourinho akan mengambil keputusan mengenai ban kapten. Namun, disaat Pogba telah kembali bermain dan menyatu dengan permainan yang diterapkan. Saya rasa, bahwa dirinya berhak menjadi kapten masa depan. Tentu harus meningkatkan performanya disetiap pertandingan,” ujar Robson.

Pep Guardiola: Pogba Adalah Pemain Serba Bisa

Penampilan Paul Pogba yang kembali membela Manchester United pada musim ini, setelah menghabiskan empat tahun bersama Juventus di Serie A Italia. Mendapatkan penilaian yang beragam dari berbagai kalangan. Termasuk pelatih Manchester City Pep Guardiola yang mengungkapkan bahwa Pogba telah melakoni musim dengan catatan bagus sejauh ini.

Pep Guardiola
Pep Guardiola terkesan dengan penampilan Paul Pogba

Pada saat konferensi pers jelang laga melawan Manchester United, Guardiola menceritakan bagaimana performa Pogba saat dirinya masih berseragam Si Nyonya Tua. Kala itu, pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut masih menangani raksasa Bundesliga Bayern Munich. Laga tersebut terpaksa harus ditentukan hingga babak extra time, guna menyingkirkan Juve dengan agregat akhir 6-4 di kancah Liga Champions musim lalu.

“Pertama kalinya saya bertemu dengan Pogba adalah ketika dirinya masih membela Juventus saat kontra Bayern Munich. Pada pertandingan itu, saya merasa terkesan dengan penampilannya. Dia terlihat bermain di berbagai posisi. Dia merupakan pemain serba bisa yang sangat luar biasa,” ungkap Pep.