Hati-hati! Bahaya mengintai saat berenang

Wow! Ternyata Berenang Punya Dampak Baik dan Buruk!

Kegiatan fisik seperti berenang selain menyenangkan memang diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Saat berenang kita dituntut untuk menggerakan semua organ tubuh. Sehingga idak mengherankan jika orang yang rutin melakukan kegiatan renang memiliki tubuh yang lebih indah dan proporsional. Namun selain dari itu, ternyata berenang memiliki dampak lain bagi tubuh.

Berenang ternyata memiliki dampak negatif
Berenang ternyata memiliki dampak negatif

Dengan berenang, kita bisa mendapatkan banyak manfaat baik itu secara fisik maupun psikologis. Namun meski begitu, kita sebaiknya perl berhati-hati, sebab ternyata berenang memiliki beberapa resiko. Bahaya yang mengintai dari kegiatan berenang cukup beragam tetapi sebagian besar dapak negatif berenang menyerang fisik dan bukan psikis, misalnya seperti cedera atau penyakit lainnya.

Ada banyak kasus yanng terjadi ketika berada di kolam renang. Sebut saja misalnya kasus orang tenggelam, cedera dan banyak lagi. Namun ada sebuah kasus yang sangat mengejutkan dunia khususnya dunia kesehatan menyangkut peristiwa di kolam renang. Adalah kasus seorang gadis remaja yang dinyatakan hamil setelah berenang di sebuah kolam renang, padahal dirinya mengaku belum pernah berhubunga seks.

Selain Manfaat Positif, Berenang Juga Punya Efek Negatif!

Yang selama ini kita ketahui, berenang memiliki dampak yang sangat positif khususnya bagi kesehatan baik fisik maupun psikis. Hal ini sudah jelas karena berenang merupakan kegiatan yang menuntut pergerakan fisik secara keseluruhan. Selain itu, air yang bersifat murni juga kerap kali digunakan sebagai media pemulihan. Maka tidak heran jika banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan berenang kepada para pasiennya.

Hati-hati! Bahaya mengintai saat berenang
Hati-hati! Bahaya mengintai saat berenang

Namun selain itu, ada beberapa hal yang tetap perlu kita waspadai tentang berenang, apalagi jika berenang di kolam renang umum. Seperti yang kita ketahui, air sebagai media penyembuhan juga merupakan media penularan yang sangat efektif bagi beberapa jenis penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan akibat berenang di kolam renang umum:

  • Penyakit Kulit
    Sudah jelas ketika kita berenang, kulit kita akan bersentuhan dengan air kolam yang mengandung beberapa zat kimia seperti klorin. Selain itu, banyaknya orang yang menggunakan kolam umum tentu membuat kita sulit untuk mencegah beberapa penyakit menular. Belum lagi kotornya air kolam akibat jarang dibersihkan membuat kulit kita terancam mengalai infeksi.
  • Penyakit Pencernaan
    Menelan air kolam renang merupakan resiko paling besar yang dialami ketika berenang, apalagi bagi seseorang yang belum pandai berenang. Tertelannya air kolam yang kotor membuat kita terancam terkena penyakit pencernaan seperti diare, muntaber hingga cacingan.
  • Penyakit Menular Kronis
    Selain masalah kulit dan pencernaan, masalah penyakit menular kronis seperti Hepatitis, TBC dan sejenisnya juga peru diwaspadai jika kita berenang di kolam umum. Ini disebabkan karena media penularan penyakit-penyakit tersebut bisa melalui udara dan juga cairan tubuh.

Heboh! ABG Hamil Usai Berenang di Kolam Renang Umum

Ada gadis yang hamil setelah berenang di kolam umum
Ada gadis yang hamil setelah berenang di kolam umum

Selain penyakit-penyakit yang disebutkan di atas tadi, ternyata ada satu bahaya lagi yang perlu diwaspadai ketika berenang di Kolam Renang Umum. Baru-baru ini ada seorang gadis remaja asal Inggris yang mengalami gejala seperti orang hamil, dan ternyata benar gadis tersebut positif hamil setelah diperiksa di sebuah dokter kandungan.

Padahal si gadis bersumpah belum pernah melakukan hubungan seksual sekalipun. Setelah diselidiki, orang tua si gadis mengaku bahwa belum lama ini membawa sang anak berenang di sebuah kolam renang umum. Kasus ini pun menemui titik cerah, sebab ada sebuah diagnosa dokter yang mengatakan bahwa bisa saja sel telur sang gadis dimasuki sperma yang ada di kolam renang.

Hal ini sangat memungkinkan, mengingat suhu air dikolam renang yang sekitar 30 derajat tersebut membuat sel sperma bisa tetap hidup. Jadi mungkin saja ada seorang lelaki yang ejakulasi ketika itu, lalu spermanya tetap hidup dan terus berenang di dalam kolam. Dan kebetulan si gadis sedang dalam masa subur, sehingga ketika sperma tersebut memasuki sel telur, terjadilah pembuahan.