Frank Lampard yang selalu makan dengan porsi dan nutrisi yang seimbang

Wow! Ini Dia Menu Makan Seorang Pemain Bola

Sepakbola merupakan salah satu jenis olahraga yang menuntut fisik berada dalam kondisi prima. Sebab dalam sepakbola berlari, melompat, berjalan hingga menendang membutuhkan kekuatan otot yang cukup besar. Gerakan-gerakan dalam pertandingan sepakbola tersebut sangat ditentukan oleh kondisi fisik seorang pemain yang sangat prima. Kondisi fisik yang prima sangat ditentukan oleh pola makan dan latihan yang teratur.

Pemain sepakbola harus menjalankan pola makan sehat
Pemain sepakbola harus menjalankan pola makan sehat

Dalam melakukan gerakan-gerakan yang ada dalam sepakbola, selain kondisi fisik yang prima, bentuk tubuh ideal sangat disarankan. Ini karena dalam gerakan-gerakan tertentu seperti sprint hingga melompat akan lebih mudah dilakukan dengan tubuh yang ideal. Untuk menjaga tubuh mereka agar tetap dalam bentuk ideal, menjalankan pola makan sehat sangat dibutuhkan oleh pemain sepakbola. Tidak hanya menjaga bahan makanannya saja, namun juga mengatur waktu serta porsi makanan.

Asupan nutrisi untuk para pemainn sepakbola sangat dijaga ketat oleh pusat pelatihan klub bahkan tim nasional. Biasanya tim telah menyediakan makanan sehari-hari para pemain yang dimasak langsung oleh tim koki klub. Meskipun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga pemain sebagai aset tim. Tidak hanya sekadar menyiapkan, bahkan jadwal makan para pemain pun diatur sedemikian rupa.

Inilah Alasan Mengapa Porsi Makanan Pemain Bola Banyak

Sebagai orang yang menjadikan bermain sepakbola sebagai mata pencaharian utama, mengeluarkan tenaga lebih merupakan resiko yang harus diterima. Jika seseorang non-atlet pada umumnya membutuhkan 2000kkal untuk hidup, maka bagi atlet terlebih pemain sepakbola tentu membutuhkan lebih dari itu. Pemain sepakbola akan mengeluarkan energi sekitar 4500kkal atau dua kali lipat dibandingkan dengan orang biasa yang notabene non-atlet.

Frank Lampard yang selalu makan dengan porsi dan nutrisi yang seimbang
Frank Lampard yang selalu makan dengan porsi dan nutrisi yang seimbang

Dengan fakta seperti itu, maka tidak heran jika kita melihat seorang pemain sepakbola makan dengan porsi dua kali lebih banyak dari orang biasa. Dengan kebutuhan kalori yang besar tersebut maka seorang pemain sepakbola jadi bisa memenuhi kebutuhan energi mereka. Namun apakah harus dengan makan dalam porsi banyak untuk bisa memenuhi kebutuhan kalori? Ternyata tidak juga. Karena semua itu akan percuma jika asupan nutrisinya tidak terpenuhi.

Makanan dengan porsi besar ternyata tidak selalu efektif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sebab tidak semua nutrisi terdapat dalam makanan. Sebut saja sepiring makanan dalam porsi besar yang hanya terdiri dari nasi dan daging, tidak akan bisa mengalahkan kelengkapan nutrisi dalam seporsi sedang makanan yang lengkap terdiri dari nasi, daging, sayur, buah dan susu. Maka jangan heran jika kita sering melihat sesorang terlihat kurang gizi meskipun porsi makannya besar.

Proporsi Seimbang Untuk Kebutuhan Nutrisi Pemain Bola

Proporsi makanan yang seimbang sangat penting pemain sepakbola
Proporsi makanan yang seimbang sangat penting pemain sepakbola

Setiap orang mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda untuk tubuh mereka masing-masing. Seperti misanya kebutuhan anda yang seorang pekerja kantoran tentu akan berbeda dengan kebutuhan nutrisi Lionel Messi. Ini dikarenakan kegiatan sehari-hari yang anda jalani juga berbeda dengan Messi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berapa jumlah kebutuhan nutrisi yang kita perlukan untuk tubuh kita. Dengan begitu maka kondisi fisik kita akan senantiasa berada dalam kondisi prima.

Selain jumlah kebutuhan nutrisi, mengetahui proporsi nutrisi yang tepat juga dibutuhkan oleh seorang pemain sepakbola. Seorang pemain sepakbola paling tidak membutuhkan asupan makanan yang mengandung jumlah kalori sekitar 4500kkal dengan proporsi 60 – 70% karbohidrat, 10 – 15 % protein, 20%- 25 % lemak, serta cukup vitamin, mineral dan air. Dengan proporsi yang tepat, maka pemenuhan kebutuhan nutrisi pun akan menjadi semakin optimal.