Ini dia cara jogging yang baik dan benar

Boleh Dicoba! Begini Cara Melatih Stamina Pemain Bola

Dalam permainan sepakbola, seorang pemain dituntut untuk memiliki stamina yang tinggi. Biarpun setiap tim memiliki pemain cadangan untuk menggantikan pemain yang cedera atau kehabisan tenaga, tetap saja stamina yang prima merupakan hal yang sangat vital bagi pemain bola. Seorang pemain yang memiliki skill individu luar biasa akan sia-sia jika pemain tersebut tidak memiliki stamina yang baik untuk bertahan cukup lama di atas lapangan hijau. Hal ini pasti akan mengancam karirnya.

Jogging dapat meningkatkan stamina pemain bola
Jogging dapat meningkatkan stamina pemain bola

Setiap orang terlahir dengan kondisi fisik yang berbeda-beda, ada yang memiliki kemampuan fisik di atas rata-rata namun ada juga yang di bawah. Semua itu ditentukan oleh faktor genetis seseorang yang diturunkan oleh orangtua. Akan tetapi bukan berarti kemampuan fisik seseorang tidak bisa ditingkatkan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan fisik seperti stamina. Caranya tentu saja dengan latihan, latihan dan latihan.

Ada banyak jenis latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina seorang pemain. Salah satunya yaitu dengan melakuan jogging secara rutin. Meski terlihat tidak begitu berat karena dilakukan dalam intensiitas yang rendah, jogging ternyata mampu untuk meningkatkan kemampuan kardio seseorang. Hal ini tentu sangat baik bagi seseorang yang berprofesi sebagai pemain sepakbola. Sebab dengan meningkatnya kekuatan jantung, maka stamina otomatis juga meningkat.

Lakukan Ini Untuk Meningkatkan Stamina Pemain Bola!

Setiap pemain sepakbola profesional tentu mengharapkan perkembangan pada kemampuan diri mereka seiring dengan latihan yang mereka jalani sehari-hari. Apalagi untuk urusan stamina, tentu banyak pemain yang menyisihkan waktu lebih untuk memfokuskan diri pada latihan fisik mereka. Ini mereka lakukan karena persaingan dalam dunia sepakbola dunia sangatlah ketat dan jika tidak berkembang maka ada kemungkinan seorang pemain akan terancam kehilangan tempatnya di skuad utama.

Stamina sangat penting bagi seorang pemain bola
Stamina sangat penting bagi seorang pemain bola

Stamina kerap kali menjadi penghalang para pemain untuk bisa membuktikan kepada manjer/pelatih bahwa mereka layak untuk dimainkan lebih lama di lapangan. Ini dikarenakan manajer cenderung akan mengganti pemain yang telah habis stamina demi menjaga ritme permainan tim secara keseluruhan. Sebab jika tidak, resiko kehilangan konsentrasi dari pemain yang staminanya telah habis tersebut akan sangat mengancam irama permainan tim dan bukan tidak mungkin menjadi penyebab awal dari kekalahan.

Jika anda merpakan pemain yang cukup optimis dengan kemampuan anda namun sadar akan kelemahan anda dalam hal stamina, anda sebaiknya melakukan latihan yang satu ini. Latihan yang berguna untuk meningkatkan stamina anda ini adalah jogging. Dan yang spesial dari latihan jogging ini adalah anda tidak akan sadar bahwa kemampuan stamina anda telah meningkat. Sebab latihan jogging ini meningkatan stamina anda sedikit demi sedikit secara perlahan.

Sudah Benarkah Jogging Anda? Cek Tips Jogging Yang Benar!

Apakah anda sudah melakukan jogging secara rutin namun stamina anda tidak kunjung membaik? Mungkin jogging yang anda lakukan belum tepat, sehingga manfaatnya tidak langsung mempengaruhi jantung. Ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan latihan jogging. Berikut adalah tips melakukan jogging yang baik dan benar:

Ini dia cara jogging yang baik dan benar
Ini dia cara jogging yang baik dan benar
  • Gunakan pakaian yang nyaman, sesuai dan juga mudah menyerap keringat. Gunakan sepatu khusus jogging dan jika cuaca sedang sedikit windy, anda bisa menggunakan windbreaker/jaket.
  • Musik bisa menja di alternatif untuk menaambah semangat anda. Dengarkan musik dengan menggunakan headset/headphone dari pemutar musik maupun handphone anda.
  • Lakukan pemanasan sebelum memulai jogging lakukan dengan perlahan dan jangan terburu-buru. Selanjutnya tingkatkan tempo berlari setelah 300-400 meter.
  • Atur nafas dengan baik, yaitu 4 langkah lalu ambil nafas dari hidung dan 4 langkah keluarkan nafas dengan mulut anda. Coba dengan berjalan untuk pertama kali, lalu aturlah tempo maksimal 30-40 menit.
  • Jika merasa lelah jangan langsung berhenti,┬ámelainkan turunkan tempo perlahan-lahan. Kemudian turunkan lagi hingga anda berjalan kira-kira jarak 100 meter, lalu baru anda bisa berhenti.
  • Disat berhenti anda bisa duduk dengan menyelonjorkan kedua kaki lurus dan biarkan lemas.Hal ini untuk mengistirahatkan sebentar otot-otot kaki.Selain itu menjaga kaki agar tidak terkena varises.