Perbedaan antara gemuk dan obesitas

Cek Di Sini! Anda Gemuk Atau Obesitas?

Obesitas di jaman sekarang ini telah menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Kelebihan berat badan secara ekstrim ini merupakan sebuah kondisi dimana ketika kalori dalam tubuh sebagai sumber energi tidak berhasil dibakar. Akibatnya kalori berlebih yang tidak terpakai dalam tubuh tersebut diubah menjadi lemak. Inilah yang berbahaya ketika kadar lemak dalam tubuh sudah sangat berlebihan.

Angka kematian akibat obesitas sangat tinggi
Angka kematian akibat obesitas sangat tinggi

Kelebihan kadar lemak dalam tubuh merupakan pintu masuk bagi segudang penyakit kronis. Sebut saja penyakit komplikasi seperti jantung, kolestrol, tekanan darah tinggi, diabetes dan masih banyak lagi. Ini tentu sangat mebahayakan bagi kelangsungan hidup umat manusia. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu mengontrol kadar lemak dalam tubuh kita dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Bahkan hanya dengan itu saja terkadang belum cukup, sebab ada beberapa kasus yang memang dipengaruhi faktor genetik. Bagi orang yang memiliki garis keturunan gemuk, tentu butuh usaha lebih keras untuk menjaga berat badan. Karena itu salah satu metode menjaga berat badan menjadi populer, yaitu diet.

Diet tidak dilarang oleh ahli kesehatan, malah dianjurkan bagi beberapa orang khususnya yang mengalami kegemukan atau obesitas. Diet itu sendiri merupakan metode mengurangi atau menambah asupan kalori dalam jumlah tertentu di dalam tubuh. Akan tetapi dalam menjalani  diet tentu harus tetap mengikuti saran yang dianjurkan.

Coba Cek Lagi! Apakah Anda Overweight Atau Obesitas?

Seringkali orang masih bingung menemukan perbedaan antara overweight dan obesitas. Secara umum kedua kondisi ini adalah sama, yaitu sama-sama merupakan kondisi dimana berat badan melebihi batas ideal yang dianjurkan. Akan tetapi jika kita melihat lebih spesifik lagi, ternyata ada perbedaan yang cukup terlihat antara kegemukan (overweight) dengan obesitas ini.

Perbedaan antara gemuk dan obesitas
Perbedaan antara gemuk dan obesitas

Overweight atau biasa disebut dengan kegemukan, yaitu kondisi dimana berat badan seseorang melebihi batas ideal yang dianjurkan. Hal ini secara otomatis mempengaruhi bentuk dan tampilan tubuh seseorang. Akan tetapi overweight ini tidak selalu disebabkan karena tingginya kadar lemak, bisa juga dipengaruhi oleh tingkat kepadatan tulang yang terlalu tinggi.

Berbeda dengan overweight, obesitas merupakan kondisi kegemukan dimana kadar lemak sudah terlalu tinggi. Tingginya kadar lemak ini bisa diukur dengan cara menghitung Indeks Massa Tubuh. Apabila anda menemukan nilai 23,0-24,49 maka anda masih dalam kategori overweight. Sedangkan apabila sudah melebihi itu, maka bisa dipastikan bahwa kegemukan anda sudah dalam status obesitas.

Penting untuk mengetahui bahwa tubuh yang kegemukan dan obesitas merupakan sumber penyakit. Apabila kita sudah terlanjur berada dalam kondisi seperti ini, cobalah untuk diet. Akan tetapi hendaknya dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai, bahkan kalau perlu minta saran dan rekomendasi dari ahli kesehatan sebelum melakukan diet.

Parah! Jangan Pernah Coba Diet Ekstrim Ini!

Diet memang diakui dan terbukti bisa membantu seseorang menurunkan berat badan secara optimal dan signifikan. Akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata salah dalam melakukan metode diet ini. Sehingga terkadang diet justru menimbulkan bahaya kesehatan bagi para pelaku diet itu sendiri.

Jangan sekali-kali coba diet ekstrim ini
Jangan sekali-kali coba diet ekstrim ini

Seperti jenis diet yang sempat populer di kalangan masyarakat ini. Metode diet semacam ini pernah populer karena telah terbukti berhasil menurunkan berat badan secara instan pada sejumlah orang. Akan tetapi karena caranya yang sangat beresiko bagi kesehatan, maka diet ini sangat tidak disarankan. Bahkan para ahli kesehatan menggolongkan diet ini termasuk ke dalam diet ekstrim.

Berikut adalah contoh diet ekstrim yang sempat populer di kalangan masyarakat. Akan tetapi tidak disarankan bagi anda untuk mencobanya tanpa konsultasi dan pengawasan dokter. Diet ekstrim tersebut antara lain:

  • Diet Cacing Pita
    Memasukan cacing pita ke dalam lambung untuk menyerap semua nutrisi makanan yang masuk
  • Diet Bola Kapas
    Menelan bola kapas sehingga lambung terasa penuh dan keinginan makan menurun
  • Diet Golongan Darah
    Hanya memakan makanan yang direkomendasikan untuk golongan darah tertentu
  • Diet Udara
    Hanya minum air putih dan tidak makan sama sekali (makan angin)